Contoh Negara sedang berkembang

  1. Bentang Alam.

    secara astronomis Meksiko terletak antara 15 derajat LU – 32 derajat LU dan 87 derajat BB – 117 derajat BB. Luas Negara Meksiko hamper sama dengan Indonesia, yaitu 1.972.549 Km persegi. Meksiko merupakan Negara yang berada di sebelah selatan Amerika Serikat dan berada di antara Samudra Pasifik dan Teluk Meksiko. Batas – batas Meksiko sebagai berikut :

    1. Batas Utara : Amerika Serikat.
    2. Batas Timur : Teluk Meksiko, Laut Karibia, Belize, Guatemala.
    3. Batas Selatan : Samudra Pasifik.
    4. Batas Barat : Samudra Pasifik.

    Gunung api di Meksiko, antara lain:

    1. G. Citlatepelt (5.700m). merupakan puncak tertinggi di Meksiko.
    2. G. Popocatepetl (5.450m).
    3. G. Ixtacihuatl (5.286m).
    4. G. Nevada de Teluca (4.492m).
    5. G. Nevada de Colima (4.330m).
    6. G. Cofre de Perote (4.280m).
    7. G. Paricutin (2.808m)

    Di sebelah timur terdapat dataran pantai Teluk Meksiko yang cukup luas dari perbatasan Texas (AS) sampai ke Semenanjung Yucatan. Di sebelah barat terdapat dataran Pantai Samudra Pasifik yang lebih sempit dari pada di timur. Di wilayah ini terdapat Semenanjung California. Di barat laut Meksiko terdapat Gurun Sonora.

    Sungai-sungai penting di Meksiko, antara lain :

    1. Sungai Colorado
    2. Sungai Yaquer
    3. Sungai fuerte
    4. Sungai San Pedro Mexquital
    5. Sungai Lerma
    6. Sungai Santiago
    7. Sungai balsas
    8. Sungai Grande del Norte (berada di perbatasan dengan Amerika Serikat, merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Meksiko).

 

  1. Iklim.

    Wilayah Meksiko membujur dari utara ke selatan, sehingga memiliki tiga iklim yang beragam, yaitu :

    1. Di bagian utara beriklim subtropics
    2. Di bagian tengah beriklim continental
    3. Di bagian selatan beriklim tropis

    Angin pasat timur laut yang berhembus di Teluk Meksiko menurunkan hujan deras di lereng timur Pegunungan Sierra Madre timur. Tetapi Semenanjung Yucatan yang datar dan rendah letaknya kurang mendapatkan hujan, sebab angin itu tidak terpaksa naik. Bagian- bagian yang cukup mendapat hujan sepanjang tahun adalah sebagian pesisir timur dari Tampico ke selatan dan pesisir Samudra Pasifik dari Tanah Genting Tahuantepec ke tenggara.

    Bagian barat laut dan utara Meksiko merupakan tanah gurun. Di dataran rendah suhu rata-rata 27 derajat celcius, tetapi di pegunungan suhunya kadang rendah sekali bahkan sampai pada titik beku. Hal ini di sebabkan pula oleh angin dingin yang berhembus di bagian utara Amerika (Northern) jauh ke selatan sampai Mexico City.

  2. Keadaan penduduk.

    Jumlah penduduk Meksiko pada pertengahan yahun 2006 adalah 108,3 juta jiwa, dengan tingkat pertumbuhan alami 1,7% per tahun. Kepadatan penduduknya 53,21 Jiwa/Km persegi. Daerah yang paling padat penduduknya adalah di bagian selatan Plato Tengah, yaitu dari San Luis Potos di utara sampai ke Guadalajara. Negara ini menempati peringkat ke-11 dalam hal jumlah penduduk. Penduduk asli Meksiko adalah Indian Aztek. Suku bangsa tersebut pada zaman dahulu sudah relative maju. Penduduk yang lain ialah kulit putih dan negro. Penduduk campuran, antara lain Mestis (keturunan bangsa Indian dengan orang kulit putih), Mulat (keturunan orang putih dengan orang negro), dan Zambo (keturunan Indian dengan Negro). Keturunan orang Spanyol yang lahir di Meksiko di sebut Creol. Penduduk terbesar adalah Mestis (60%). Agama yang di anut mayoritas penduduk adalah Katolik. Pendapatan penduduk Meksiko mencapai US$ 10.30. angka harapan hidupnya mencapai 75 tahun.

  3. Pemerintahan

    Nama resmi Negara Meksiko adalah Estados Unidos Mexicanos yang merdeka pada tanggal 16 september 1810. Meksiko adalah Negara bekas jajahan Spanyol. Bentuk Negara Meksiko adalah federal, yang terdiri atas 31 negara bagian dan satu distrik federal.

    Bentuk pemerintahan Meksiko adalah Republik dengan kepala Negara dan kepala pemerintahan Presiden yang di pilih untuk masa jabatan 6 tahun. Lagu kebangsaannya “Mexicanos Al Grits Guera”. Bahasa resmi yang di gunakan adalah Spanyol. Satuan mata uangnya adalah Peso Meksiko.

  4. Kegiatan Ekonomi

    Kegiatan ekonomi sebagian besar penduduk di Meksiko adalah di sector pertanian dan perkebunan, karena Negara ini merupakan Negara Agraris. Akan tetapi sector-sektor yang lain juga di kembangkan. Berikut ini berbagai sector ekonomi di Negara Meksiko :

    1. Pertanian dan perkebunan.

      Kegiatan pertanian di Meksiko kebanyakan berada di Plato Tengah yang subur


 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s